Translate

Tuhan Tempat Perlindungan Yang Aman

Tuhan tempat perlindungan yang aman ~ Latar belakang dari penulisan Mazmur yang ditulis oleh Daud ini adalah berbicara mengenai keberadaan bangsa Israel di bawah kepemimpinan Musa. Daud memperhatikan bagaimana Allah mengutus Musa untuk membawa bangsa Israel keluar dari Mesir di aman di sepanjang perjalanan Allah senantiasa menopang dan memberikan perlindungan secara heran dan ajaib kepada mereka. Diawali dengan 10 tulah yang diberikan kepada bangsa Mesir agar Firaun mengijinkan bangsa Israel keluar dari tanah Mesir. Lalu tiang awan dan tiang api sebagai lambang penyertaan Allah, serta roti manna sebagai lambang pemeliharaan Tuhan kepada bangsa Israel.

Penyertaan Allah atas bangsa Israel tersebut memang tidak dapat dilepaskan dari perjanjian yang dibuat oleh Allah dan Abraham. Isinya ialah bahwa Allah akan melindungi dan memberikan berkat kepada keturunannya, yaitu bangsa Israel. Termasuk kita, karena kita juga percaya kepada Allah yang benar, Allah yang disembah juga oleh bangsa Israel yaitu Allah yang telah mengutus Yesus Kristus untuk menebus kita dari segala dosa dan kejahatan kita.

Oleh karena itu, perlindungan Allah mutlak diberikan kepada umat pilihan-Nya karena perlindungan itu sudah diikat pake sumpah. Sebagaimana Allah melindungi Abraham, Ishak dan Yakub serta keturunannya, demikianlah juga Allah melindungi kita yang telah ditebus dengan darah yang mahal yaitu darah Tuhan Yesus Kristus.


Pertanyaan penting yang harus diajukan ialah: "Apa saja tanda dari orang yang menjadikan Tuhan tempat perlindungannya yang aman?" Berikut beberapa jawaban yang bisa dipaparkan kepada pembaca semuanya, yaitu:

1. Selalu terkoneksi dengan Tuhan.
Penulis kitab Mazmur terkait dengan hidup yang selalu terkoneksi dengan Tuhan dalam pimpinan Roh Kudus, menulis: "Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa akan berkata kepada TUHAN: "Tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai!"

Jadi, tanda hidup orang yang menjadikan Tuhan tempat perlindungannya yang aman ialah bahwa ia selalu memiliki kerinduan untuk dekat dengan Tuhan melalui doa, persekutuan pribadi, memuji dan memuliakan Tuhan, membaca dan merenungkan firman Tuha serta selalu taat melakukan firman-Nya dalam totalitas hidupnya.

2. Selalu punya keberanian iman menghadapi tantangan hidup.
Segala sesuatu yang buruk bisa saja menimpa kita dan kita tidak dapat menghindar dari semua keadaan yang buruk tersebut. Walaupun kita sebagai umat Tuhan, bukan berarti kita terluput dari tantangan, ancaman dan gangguan dalam hidup kita. Tuhan tidak pernah berjanji bahwa ketika kita menjadi umat-Nya, kita bebas dari tantangan kehidupan.

Namun, Tuhan berjanji bahwa Dia ada bersama dengan kita, memberikan dukungan rohani bagi kita, sehingga kita keluar sebagai pemenang atas semua problema kehidupan yang kita hadapi dan alami. Tuhan berjanji bahwa Dia selalu melindungi, membela dan membawa kita kepada kemenangan lepas kemengan - Mazmur 91:3-13.

3. Selalu mendapat pertolongan dan pemberkatan dari Tuhan.
Penulis kitab Mazmur terkait dengan selalu punya kasih kepada Allah dan sesama, menulis demikian: "Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab Ia mengenal nama-Ku. Bila Ia berseru kepada-Ku, Aku akan menjawab, Aku akan menyertai dia dalam kesesakan, Aku akan meluputkannya dan memuliakannya. Dengan panjang umur akan Kukenyangkan dia, dan akan Kuperlihatkan kepadanya keselamatan dari pada-Ku" - Mazmur 91:14-16.

Berdasarkan ayat-ayat tersebut, maka kita menemukan bahwa alangkah beruntung dan berbahagianya kita yang senantiasa menjadikan Tuhan tempat perlindungan yang aman dalam hidup di bumi ini. Dikatakan demikian, karena ada jaminan yang pasti dari Tuhan Allah kita Sang pemilik, pemberi dan pemegang kendali kehidupan kita. Amin