Translate

Mengenal Siapakah Yesus Sebenarnya

Mengenal siapakah Yesus sebenarnya ~ Landasan firman Tuhan dari tema tersebut ialah diambil dari Injil Yohanes 8:21-29. Fokusnya ada pada ayat 25, “Maka kata mereka kepada-Nya: “Siapakah Engkau?” Jawab Yesus kepada mereka: “Apakah gunanya lagi Aku berbicara dengan kamu?”.

Bangsa Yahudi adalah bangsa yang Allah pilih dari sekian banyak bangsa di bumi ini. Allah sudah memberikan firman-Nya kepada bangsa Yahudi yang disampaikan oleh para nabi kepada mereka. Salah satu nubuatan yang diberitakan oleh para nabi dalam Perjanjian Lama ialah tentang Mesias Juruselamat yang diurapi. Namun, sampai dengan masa Yesus bangsa Yahudi tetap tidak mengenal Yesus Sang Mesias yang sudah dibuatkan dalam kitab mereka oleh para nabi.

Rasul Paulus menulis, “Yang kuhendaki ialah Mengenal Dia dan Kuasa kebangkitan-Nya dan Persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya, supaya aku akhirnya beroleh kebangkitan dari antara orang mati” – Filipi 3:10-11.
Motivasi terbesarrasul Paulus ialah mengenal Yesus Kristus secara pribadi. Selanjutnya kerinduan terdalamnya ialah mengalami kuasa yang dahsyat dari kebangkitan Yesus Kristus. Lalu keinginan tertingginya ialah merasakan persekutuan dalam penderitaan bersama dengan Yesus Kristus. Tujuan kekiniannya ialah menjadi serupa dengan Yesus Kristus dalam kematiannya dan tujuan finalnya ialah hidup bersama dengan Yesus Kristus dalam kerajaan sorga.
   

Kalimat tanya: “Bagaimana kita dapat memberi jawaban bila ada yang menanyakan tentang siapakah Yesus sebenarnya?”
Kalimat peralihan: Untuk memberi jawaban atas pertanyaan siapakah Yesus sebenarnya, maka ada beberapa hal yang penting, yaitu:
1.  Yesus adalah alfa dan omega.
a. Dia adalah Allah abadi – Yoh.1:1-14; 8:58; 17:5.
b. Dia adalah Manusia sejati – Mat.1:22-23; Luk. 2:6-7; Yoh.1:14.
c. Dia adalah penebus dan juruselamat manusia – Mat.1:21; Yoh.5:24
2.  Yesus adalah pemilik jabatan yang lengkap.
a. Dia adalah Nabi – Lukas 4:17-19.
b. Dia adalah Imam – Ibrani 7:17, 21-28.
c. Dia adalah Raja – Luk.1:32-33; Fil.2:9-10, 1 Tim. 6:15; Why.11:15.
3. Yesus adalah hakim tunggal.
a. Dia memiliki otoritas penuh – Yoh. 5:22-23.
b. Dia menghakimi dengan adil – Yoh. 5:30
c. Dia pasti datang kembali – KPR 1:9-11; Why. 22:12.

Pengenalan kita terhadap Yesus Kristus menentukan sikap dan reaksi kita terhadap-Nya dan terhadap segala sesuatu yang terjadi atas kita sebagai konsekuensi logis menjadi umat-Nya. “Yang penting di sini ialah ketekunan orang-orang kudus, yang menuruti perintah Allah dan iman kepada Yesus Kristus” – Wahyu 14:12. Biarlah di masa penantian ini, kita terus bertekun untuk semakin mengenal Yesus Kristus sampai kita bertemu muka dengan muka dengan Dia dan tinggal bersama-Nya dalam kerajaan-Nya yang kekal. Amin