Translate

Karya Allah Bagi Kita Melalui Kebangkitan Kristus

Karya Allah bagi kita melalui kebangkitan Kristus ~ Rasul Petrus mengawali suratnya dengan memperkenal dirinya sebagai rasul Yesus Kristus. Alamat suratnya pun jelas ditujukan kepada orang Kristen yang tersebar di Pontus, Galatia, Kapadokia, Asia Kecil dan Bitinia. Orang Kristen itu dipilih sesuai dengan rencana Allah, dikuduskan oleh Roh, taat kepada Yesus Kristus dan hidup dalam kelimpahan kasih karunia dan damai sejahtera – 1 Petrus 1:1-2.

Setelah itu, rasul Petrus mengungkapkan sebuah pernyataan: “Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus,…” – 1 Petrus 1:3a. Pernyataan tersebut memiliki keterkaitan dengan: Pertama, karakter Allah. Bicara tentang karakter Allah, maka hal itu menunjuk kepada sifat-sifat Allah yaitu: kudus, suci, agung, mulia, adil, benar, penuh kasih, panjang sabar, berlimpah kasih setia-Nya dan seterusnya. Semua sifat atau karakter Allah itu adalah karakter yang terpuji. Oleh sebab itu, Ia layak dipuji, disembah, dihormati dan diagungkan. Kedua, karya Allah. Bicara tentang karya Allah, maka hal itu menunjuk kepada tindakan pembebasan, tindakan pemerdekaan, tindakan penyelamatan dan tindakan penebusan yang dilakukan-Nya di dalam dan melalui Tuhan Yesus Kristus.


Berkaitan dengan hal-hal itulah, sehingga rasul Petrus memberikan apresiasi, penghargaan dan penghormatan yang tepat, benar dan tinggi kepada Allah. Dengan demikian, dalam konteks kita hari ini sudah sepatutnyalah kita juga menyatakan pernyataan yang sama dengan rasul Petrus bahwa terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus. Kesamaan dan kesatuan pengakuan tersebut untuk membuktikan bahwa kita memiliki satu iman yang sama, satu Allah dan Tuhan yang sama, satu pengharapan yang sama, satu baptisan yang sama, satu Juruselamat yang sama, satu Roh yang sama dan satu tempat yang sama yaitu sorga yang mulia.

Kalimat tanya: “Apa saja karya Allah bagi kita ditemukan di dalam dan melalui kebangkitan Kristus?”. Kalimat peralihan: Berdasarkan bagian firman Tuhan dalam 1 Petrus 1:3-12, maka kita menemukan bahwa di dalam dan melalui kebangkitan Kristus ada beberapa karya Allah bagi kita, yaitu:

1. Kita dilahirkan kembali kepada suatu hidup yang penuh pengharapan – 1 Pet. 1:3-4.
a.      Makna dilahirkan kembali – ay. 3a.
“…, yang karena rahmatnya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati”. Kelahiran kembali atau “born again” dapat dijelaskan sebagai “perubahan total yang transformative dan revolusioner yang dikerjakan Roh Kudus dalam pribadi orang berdosa yang ditetapkan, dipanggil dan diselamatkan Allah” – Yoh. 3:3-8.

Kelahiran kembali ini adalah “tindakan Allah yang mengubah hakikat manusia berdosa yang telah diselamatkan menjadi manusia baru” – 2 Korintus 5:17. Dalam kelahiran kembali ada tindakan Allah yang memulihkan dan menerima orang berdosa menjadi anak-Nya, yang olehnya orang yang telah ditebus ini memperoleh status yang baru sebagai milik-Nya.  
b. Makna hidup penuh pengharapan – ay. 3b.
“…, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan”. Hidup penuh pengharapan ini diarahkan kepada Allah Tritunggal dan segenap janji-janji-Nya yang terdapat di dalam Alkitab, baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru. Pengharapan itu memiliki landasan yang kuat bahwa Allah Tritunggal yang telah berjanji, pasti ditepati bagi kita umat-Nya.

2. Kita diberi suatu bagian yang tersimpan di sorga – 1 Pet. 1:4.
a.      Kualitas bagian yang akan diterima – ay. 4a.
“Untuk menerima suatu bagian yang tidak dapat binasa (hidup yang kekal), yang tidak dapat cemar (hidup kudus), yang tidak dapat layu (lima mahkota)”.
b. Kualitas tempat penyimpanan – ay. 4b.
“…, yang tersimpan di sorga bagi kamu”. Semua yang akan kita terima bukan di simpan di BCA, bukan juga di Mandiri, bukan pula di BRI. Tetapi tersimpan di tempat yang berkualitas yaitu di sorga.

3. Kita dipelihara di dalam kekuatan-Nya pada masa penantian ini – 1 Pet. 1:5-7.
a. Bergembira walau keadaan tidak seperti yang diharapkan – ay. 6.
b. Mengerti dan memahami proses dan tujuan final Tuhan bagi kita – ay. 7.

Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang oleh kasih karunia-Nya yang besar terus berkarya bagi hidup kita. Karya Allah bagi kita dilakukan di dalam dan melalui Tuhan Yesus Kristus dan dimeteraikan oleh Roh Kudus. Bukti kasih karunia-Nya yang besar bagi kita, yaitu: pertama, kita dilahirkan kembali kepada suatu hidup yang penuh pengharapan; kedua, kita diberi suatu bagian yang tersimpan di sorga; ketiga, kita dipelihara oleh Allah dan kekuatan-Nya dalam masa penantian ini. Amin