Translate

Keuntungan Dari Kematian Dan Kebangkitan Kristus Bagi Kita

Keuntungan dari kematian dan kebangkitan Kristus bagi hidup kita ~ Kematian dan kebangkitan Kristus merupakan pembuktian dari kesetiaan Allah dalam memelihara dan memenuhi janji-Nya kepada manusia – Kejadian 3:15; Yesaya 53; 1 Petrus 2:22-25. Kematian dan kebangkitan Kristus merupakan tindakan HEROIK yang dilakukan oleh Yesus dalam kebenaran dan keadilan. Kata HEROIK adalah kata sifat yang menjelaskan bahwa Yesus Kristus telah mengambil alih seluruh tindakan PENEBUSAN di luar batas normal, di luar batas logika, di luar batas kekuatan, di luar batas kemanusiaan, melampaui ruang, waktu dan tempat. Tentu saja, tujuan akhirnya adalah penyelamatan manusia, penyataan kasih, kebenaran, dan keadilan di tengah-tengah dunia yang sedang rusak, bengkok dan penuh dosa.

Kalimat tanya: “Apa keuntungan dari kematian dan kebangkitan Kristus bagi hidup kita?”
Kalimat peralihan: Ada beberapa keuntungan dari kematian dan kebangkitan Kristus bagi hidup kita berdasarkan 1 Korintus 15:57-58, yaitu:

1.       Kita pasti teguh berdiri dan tidak goyah dalam persekutuan dengan Kristus.
Apa yang menjadi landasan kuat bahwa kita pasti teguh berdiri dan tidak goyah dalam persekutuan dengan Kristus?
a.      Berdasarkan kemenangan Kristus atas dosa dan maut.
Rasul Paulus menulis: Dan sesudah yang dapat binasa ini mengenakan yang tidak dapat binasa dan yang dapat mati ini mengenakan yang tidak dapat mati, maka akan genaplah firman Tuhan yang tertulis: "Maut telah ditelan dalam kemenangan. Hai maut di manakah kemenanganmu? Hai maut, di manakah sengatmu?" Sengat maut ialah dosa dan kuasa dosa ialah hukum Taurat.  Tetapi syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita” – 1 Korintus 15:54-57.

b.      Berdasarkan pengharapan yang pasti di dalam Kristus.


Rasul Paulus menulis: dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah.  Karena yang dapat binasa ini harus mengenakan yang tidak dapat binasa, dan yang dapat mati ini harus mengenakan yang tidak dapat mati” – 1 Korintus 15:52-53.
                                                                                                                                               
2.      Kita pasti memiliki motivasi kuat untuk melayani di dalam dan bersama Kristus.
Apa yang menjadi alasan kuat bagi kita untuk melayani di dalam dan bersama Kristus?
a.      Waktu penantian sebagai kesempatan untuk mendedikasikan hidup bagi pekerjaan Tuhan
Rasul Paulus menulis: Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia” – 1 Korintus 15:58.
b.      Kristus telah menjadi teladan utama dalam kaitan dengan pelayanan.
Penulis Injil Makrus menulis: “Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang” – Markus 10:45.

3.      Kita pasti mendapat bagian dari yang dijanjikan Kristus.
Apa bagian yang dijanjikan Kristus yang akan kita dapatkan?
a.      Kita akan dibangkitkan dalam tubuh kemuliaan.
Rasul Paulus menulis: Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah, dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah” – 1 Korintus 15:51-53.
b.      5 mahkota akan diberikan kepada kita.
1) Mahkota kehidupan bagi kita yang menjadi pemenang dalam pencobaan – Yakobus 1:12; Wahyu 2:10.
2) Mahkota abadi bagi kita yang menjadi pahlawan iman – 1 Kor.9:25.
3) Mahkota kemuliaan bagi para gembala sidang – 1 Pet.5:4.
4) Mahkota kebenaran bagi mereka yang menjadi pemberita Injil/misionaris – 2 Tim 4:8.
5) Mahkota kemegahan bagi setiap orang yang percaya kepada Kristus – 1 Tes.2:19.


Kematian dan kebangkitan Kristus membawa keuntungan yang besar bagi kita. Dalam frame itulah, rasul Paulus menegaskan: “… bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan” – Fil.1:21. Oleh karena itu, “… marilah kita berdiri teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia” – 1 Korintus 15:58. Amin