Translate

Pentingnya Doa Bagi Orang Kristen

Pentingnya doa bagi orang Kristen – Kita dipanggil bukan saja untuk menikmati kasih dan anugerah Allah, tetapi juga kita dipanggil untuk menjadi orang Kristen yang bertanggung jawab dalam doa. Pentingnya doa bagi orang Kristen sudah dirasakan sejak awal oleh gereja. Ini merupakan salah satu tanggung jawab yang harus dilakukan, selain tanggung jawab-tanggung jawab lain yang telah ditetapkan oleh Tuhan Yesus di dalam Alkitab. Silahkan membaca Injil Lukas 11:1-13. 

Berdoa merupakan satu dari sekian banyak tanggung jawab bisa kita lakukan. Namun, acap kali tanggung jawab ini sering kita abaikan. Oleh karena itu biarlah saat ini kita didapati oleh Tuhan Yesus sebagai orang Kristen yang bertanggung jawab dalam doa, karena memang bagi kita doa itu sangat penting.

Pertanyaan penting yang harus diajukan ialah: “Mengapa kita harus berdoa? atau mengapa kita harus meminta Tuhan supaya mengajarkan doa kepada kita? Mengapa pentingnya doa bagi orang Kristen? Marilah kita mempelajari beberapa alasannya.

1. Firman Allah Memerintahkan Kepada Anda untuk Berdoa
Firman Tuhan mengatakan, "Carilah Tuhan selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!" Yesaya 55:6. Tuhan Yesus juga mengatakan suatu perumpamaan supaya murid-muridNya tidak jemu-jemu berdoa. Lukas 18:1. 1 Tesalonika 5:17 berkata, "Tetaplah berdoa." Kemudian bacalah Lukas 21:36 dan Filipi 4:6. Setelah Anda membaca petunjuk-petunjuk ini dari Tuhan, bacalah Yohanes 14:15. Jadi, mengapa kita harus berdoa karena Firman Allah yang memerintahkan untuk berdoa.


2. Allah Menginginkan Anda untuk Berdoa
Yesus telah mengajarkan kepada para murid-Nya agar mereka berbicara kepada Bapa di surga saat mereka berdoa. Berdoa ialah berbicara dengan Bapa yang di surga. Ini merupakan persekutuan dengan Allah. "Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu" Yakobus 4:8a. Bukankah itu janji yang sangat indah? Tuhan sangat tersanjung dan senang saat melihat Anda berbicara dengan Dia dalam doa. Inilah Alasan utama mengapa kita harus berdoa karena Allah menginginkan kita untuk berdoa.

3. Pertumbuhan Rohani Anda Menuntut Anda untuk Berdoa
Yesus berkata bahwa Anda dapat meminta kepada Bapa Surgawi segala sesuatu yang Anda butuhkan, termasuk pada saat di mana Anda dicobai oleh Iblis dan jatuh ke dalam dosa. Anda harus berdoa dan meminta Tuhan agar melepaskan kita dari pencobaan tersebut. Jika Anda berdosa, Anda hanya bisa diampuni jika Anda mau mengakui dosa Anda kepada Tuhan lewat doa. "Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan." 1 Yohanes 1:9. Sudahkah Anda melihat bahwa sangat penting bagi Anda untuk berdoa? Anda tidak dapat bertumbuh sebagai seorang Kristen tanpa berdoa.

4. Penghasilan Buah Anda Bergantung pada Doa Anda
Pada suatu saat Yesus mengajarkan kepada para murid- Nya untuk "tinggal tetap di dalam Dia" Yohanes 15:5-7. Sebuah cabang hanya dapat tetap hidup dan berbuah jika ia tetap bersatu pada batangnya. Demikian pula dengan orang Kristen, kita telah disatukan dengan Kristus. Inilah yang dimaksud dengan tinggal di dalam Kristus. Berbuah artinya hidup dalam suatu cara sehingga orang-orang datang untuk mengenal Kristus sebagai Juru Selamat dan mereka dikuatkan saat Anda melayani mereka. Salah satu cara untuk melakukan hal ini adalah dengan berdoa. Bacalah lagi Yohanes 15; Yohanes 15:7 dan Yohanes 15:16.

5. Orang-orang lain Membutuhkan Doa-doa Anda
Perhatikan kembali bacaan Alkitab kita dalam Lukas 11:1-13. Tuhan Yesus menggunakan cerita ini untuk mengajar kita agar tidak menyerah atau tidak jemu-jemu saat kita berdoa. Ia memberi janji yang indah kepada kita di dalam Lukas 11:9-10 "Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan."

6. Anda Harus Memenuhi Syarat-syarat Allah untuk Berdoa
Bacalah 1 Timotius 2:1-2 dan Efesus 6:18. Sekarang berdoalah untuk orang-orang yang belum percaya supaya mereka diselamatkan. Berdoalah untuk teman-teman yang terkena pencobaan supaya menjadi kuat dan setia kepada Yesus. Berdoalah untuk orang-orang yang sakit supaya mereka disembuhkan. Berdoalah untuk para pemimpin pemerintahan supaya mereka dapat memimpin dengan bijaksana. Alkitab mengatakan, "Doa orang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya" Yakobus 5:16. Baca juga bahan khotbah Kristen ini: MAKNA TUJUAN HIDUP ORANG KRISTEN.