Translate

YESUS ADALAH BAPA YANG KEKAL

"...Bapa yang Kekal..." sebuah kalimat yang menunjukkan bagaimana Tuhan kita Yesus Kristus memperlakukan umat-Nya sebagai seorang Bapa terhadap anak yang dikasihi-Nya. Bahkan Ia juga mengungkapkan diri-Nya sebagai seorang ibu yang penuh kasih dengan ungkapan "induk ayam". Ia berkata: "Yerusalem-Yerusalem, engkau yang membunuh nabi-nabi dan melempari dengan batu orang-orang yang diutus kepadamu. Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau" - Matius 23:37.

Pertanyaan penting perlu diajukan ialah: "Mengapa Yesus disebut sebagai Bapa yang kekal?" Yesus disebut sebagai Bapa yang kekal di dasarkan pada beberapa alasan kuat berikut di bawah ini.

1. Yesus memilih kita dalam rencana kehendak-Nya.
Yesus, Bapa yang kekal karena Ia memilih kita menjadi umat-Nya dalam rencana kehendak-Nya supaya kita dapat merasakan kebahagiaan dan kemuliaan-Nya. Berkaitan dengan pemilihan atas kita, ada tiga hal yang harus kita mengerti dan pahami. Ketiga hal dimaksud, yaitu: (1) bukan kita yang memilih Yesus, tetapi Yesuslah yang memilih kita untuk suatu yang kekal. Rasul Yohanes menulis demikian: "Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku diberikan-Nya kepadamu" - Yohanes 15:16; (2) Yesus memilih kita karena anugerah-Nya dan bukan karena kita memenuhi persyaratan untuk dipilih. Rasul Paulus menulis demikian: "Jadi hal itu tidak tergantung pada kehendak orang atau usaha orang, tetapi kepada kemurahan hati Allah" - Roma 16:9; (3) walaupun Yesus telah memilih kita, Ia menuntut tanggungjawab - Yohanes 6:70.

2. Yesus adalah Bapa bagi semua orang percaya secara rohani.
Dikatakan demikian karena: (1) semua orang percaya adalah keturunan Yesus secara rohani, yang bukan kelahiran secara darah dan daging tetapi dari firman Allah dan Roh Kudus - Yohanes 3:3-5; (2) karena kita keturunan rohani, maka sifat dan pribadi Yesus menjadi milik kita - Galatia 2:20; (3) saat Tuhan Yesus menyatakan diri kelak, kita akan serupa dengan Dia. Rasul Paulus menulis demikian: "Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamu pun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan" - Kolose 3:4. 

Post a Comment for "YESUS ADALAH BAPA YANG KEKAL "