Translate

MENGAPA ALLAH DISEBUT SEBAGAI PENCIPTA?

Segala sesuatu di dalam alam ini, tidak ada dengan sendirinya. Allah yang menjadikan segalanya. Dan jika segala sesuatu berlalu, Allah tetap ada. Karena Allah tidak pernah berubah, Ia kekal adanya. Dan hanyalah orang bebal yang mengatakan bahwa Allah tidak ada - Mazmur 53:2.

Allah ada pada segala waktu, di segala tempat dan pada apa yang Ia ciptakan. Dengan kata lain, Allah tidak dapat dibatasi oleh ruang, waktu, tempat dan situasi serta kondisi apapun karena Allah yang hidup dan mahakuasa. Langit menceritakan kemuliaan-Nya dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya.

Berikut tiga hal mengapa Allah disebut sebagai Pencipta. Tentu ada beberapa alasan kuat yang membuktikan bahwa Allah itu Pencipta.

1. Karena Allah Pencipta, segala kuasa berada di tangan-Nya.
Kuasa yang berada di tangan Allah digunakan untuk beberapa hal, antara lain: pertama, kuasa untuk menciptakan. Hal ini jelas ditegaskan dalam kitab Kejadian 1:1: "Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi". Jadi, langit dan bumi diciptakan oleh kuasa Allah yang maha sempurna; kedua, kuasa untuk mengatur yang diciptakan-Nya. Setelah Allah menciptakan langit dan bumi dengan kuasa-Nya, maka dengan kuasa yang sama juga Allah menata dan mengatur serta mengendalikan semua yang Dia. Itu sebabnya, semua yang Dia ciptakan berjalan sesuai dengan kontrol dari Allah - Pengkhotbah 8:8; ketiga, kuasa untuk mengakhiri yang diciptakan-Nya. Tidak ada kuasa manapun dikolong langit ini yang dapat mengakhiri semua yang diciptakan oleh Allah. Hanya Allah dalam kuasa dan otoritas yang sempurna yang bisa mengakhiri segala yang diciptakan-Nya.

2. Karena Allah Pencipta, layaklah semua mengabdi kepada-Nya.
Semua yang diciptakan oleh Allah mengabdi kepada-Nya. Buktinya yaitu: pertama, langit dan bumi mempermaklumkan kuasa-Nya - Mazmur 19:2; kedua, umat-Nya bersorak dan memuji-Nya - Mazmur 8:2-4; ketiga, segala yang bernafas memuji Allah - Mazmur 150:6.

3. Karena Allah Pencipta, Ia berdaulat atas apa yang diciptakan-Nya.
Allah memiliki kedaulatan penuh atas semua yang diciptakan-Nya. Kedaulatan Allah dapat dilihat dalam: pertama, kedaulatan-Nya tidak dapat dipertanyakan - Yesaya 45:9; kedua, kedaulatan-Nya diwarnai kebenaran dan keadilan - Yesaya 45:23-24; ketiga, kedaulatan-Nya bertujuan untuk kebaikan kita - Yeremia 29:11. 

Post a Comment for "MENGAPA ALLAH DISEBUT SEBAGAI PENCIPTA?"