Translate

Manfaat Perhatian Dan Penghargaan Dalam Keluarga

Manfaat perhatian danpenghargaan dalam keluarga ~ Secara umum manusia selalu diperhatikan dan dihargai. Ini sudah menjadi natur manusia. Setiap orang bisa menghargai dan memperhatikan orang lain tentu dimulai dari keluarga. Ini merupakan pelajaran sosial yang harus dilakukan dalam keluarga.

Diakatakan demikian, karena setiap anggota keluarga belajar memperhatikan dan menghargai karena perilaku hidup dalam keluarga pun demikian. Jadi, keluarga merupakan wadah penanaman nilai-nilai hidup sosial.

Dalam Yesaya 43:4, “Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu”. Hal-hal apa saja yang paling  Anda ingin dapatkan dari keluarga  Anda? Sudahkah  Anda mendapatkannya? Sudahkah  Anda memberikannya pada anggota keluarga lain? Mengapa perlu ada perhatian dan penghargaan dalam keluarga?

Ada beberapa hal penting yang harus kita ketahui bahwa betapa penting dan besarnya manfaat ketika memperhatikan dan menghargai dalam keluarga.


1. Karena Tuhan memperhatikan dan menghargai kita.
Tuhan sendiri amat menghargai dan memperhatikan umat-Nya.Tuhan, Sang pencipta yang Mahakuasa dan Maha tinggi saja tidak malu dan tidak segan-segan menyatakan penghargaan-Nya dan kasih-Nya kepada manusia (Yes 43:4a). 

Tetapi anehnya, kita seringkali enggan melakukannya dalam keluarga kita. Apa yang menyebabkan banyak orang enggan untuk menyatakan penghargaan dan perhatiannya kepada anggota keluarganya yang lain?

2. Karena wujud pengakuan, penerimaan dan cinta.
Perhatian dan penghargaan membuat seseorang merasa diakui, diterima dan dicintai.
Kita melihat dalam Alkitab tercatat beberapa kali Allah Bapa menyatakan penghargaan, perkenanan dan kasih-Nya kepada Yesus di depan orang banyak (Mat 3:17; 17:5).

Dia melakukan ini, untuk menunjukkan pengakuan, penerimaan dan kasih-Nya kepada Yesus. Hal ini teramat penting dalam keluarga. Kebanyakan orang tinggal serumah tetapi tidak merasa sebagai bagian dari keluarga tersebut. 

Mereka merasa tidak diakui, tidak diterima dan tidak dicintai di rumah sendiri. Akibatnya mereka mencari semua hal itu di luar rumah. Pernahkah  Anda mengalami hal ini?

3. Karena sukses seseorang dimulai dari keluarga.
Perhatian dan penghargaan membuat hidup seseorang menjadi luar biasa.
Seseorang merasa dirinya penting, hidupnya berharga dan optimis jika dia merasa dihargai dan diperhatikan. 

Orang-orang yang tidak mendapatkan hal-hal tersebut akan menjadi orang yang minder, lemah, labil, tidak menemukan jati diri dan selalu pesimis. Orang-orang seperti ini hidupnya tidak optimal, tidak berprestasi, potensi dirinya tidak akan muncul dan ia akan hidup sebagai orang yang kalah dan gagal. 

Jika kita tidak memberi penghargaan dan perhatian kepada anggota keluarga, tanpa sadar kita sedang membunuhnya secara perlahan tapi pasti. Evaluasi kondisi sikap penghargaan dan perhatian dalam keluarga  Anda. Cari solusi untuk memperbaikinya.