Translate

Langkah Efektif Mengalami Kesembuhan Ilahi

Persoalan sakit-penyakit telah menjadi momok dalam hidup umat manusia. Tidak seorang pun yang bisa terhindar dari sakit-penyakit. Dalam situasi semacam itu, banyak orang yang menjadi gamang dan tidak tahu harus berbuat apa. Satu-satunya asa yang masih ada ialah harapan untuk disembuhkan. Namun, terkadang kesembuhan yang diharapkan pun tidak kunjung datang. 

Penantian panjang untuk sebuah kesembuhan memang tidak mudah. Butuh keteguhan jiwa dan iman yang kuat untuk bertahan menanti datangnya saat itu. Alkitab sebagi isi hati Tuhan, firman Allah yang tidak pernah salah memberikan kabar baik bahwa siapa pun pasti menerima kesembuhan. Entah cepat atau lampat. Kesembuhan dalam perspektif Alkitab tentu beda dengan kesembuhan yang dipikirkan oleh kita. 

Alkitab melihat kesembuhan secara keseluruhan bagi hidup manusia. Dalam tulisan ini, yang hendak saya paparkan ialah langkah-langkah mengalami kesembuhan jasmani. Kesembuhan fisik. Kesembuhan dari penyakit yang mungkin sedang Anda alami. Atau bisa juga orang-orang yang Anda kasihi. Atau mungkin juga sahabat terbaik Anda. Mereka sedang bergumul dengan derita fisik yang luar biasa. 

Langkah-langkah apa saja yang perlu diambil, agar kesembuhan yang kita harapkan itu terjadi? Menurut Alkitab, ada beberapa langkah, yaitu: 


1. Pastikan relasi dengan Tuhan dan sesama sehat 
"Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu" Matius 6:33. Ayat memberi penegasan bahwa relasi kita dengan Allah sehat. "Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh..." Yakobus 5:16. Ayat ini mendorong kita untuk melakukan koreksi terhadap relasi kita dengan sesama. 

Bila kita dapati bahwa ternyata relasi kita dengan orang lain tidak sehat, maka perlu ambil langkah pemulihan. Caranya saling mengaku kesalahan dan saling mendoakan. Jika kita melakukan tahap ini, maka kita akan semakin dekat kepada kesembuhan. 

2. Hadirkan Yesus senantiasa dalam hidup 
Hal ini sangat penting karena Dialah yang menganugerahkan iman kepada kita supaya kita percaya kepada-Nya. Iman itulah yang membuat kita bisa bertahan di dalam derita yang kita alami. "Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku" Filipi 4:13. 

3. Isilah hati dengan kebenaran firman Tuhan "Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya" Yohanes 15:7. Sering dalam derita yang kita alami membatasi hati dengan firman Tuhan. Oleh sebab itu, baca firman Tuhan selalu dan lihatlah apa yang akan terjadi kepadamu.


Post a Comment for "Langkah Efektif Mengalami Kesembuhan Ilahi"