Translate

CARA EFEKTIF MENGALAHKAN KEKUATIRAN HIDUP

Rasa kekuatiran kebanyakan orang saat ini semakin tinggi. Pemicu sangat bervariasi. Kenyataan sosial yang semakin mengerikan. Pemerkosaan di angkutan umum. Aksi premanisme yang sulit dikendalikan. Perampokan dengan menggunakan senjata api. Situasi ekonomi yang sangat fluktuatif atau tidak menentu. 

Kenaikan harga-harga sembako. Dan masih banyak lagi. Semua hal di atas menunjukkan bahwa rasa aman kebanyakan orang terusik. Untuk beribadah kepada Tuhan saja, kebanyakan orang diliputi oleh perasaan was-was. Karena kehadiran tempat beribadah tidak disambut ramah oleh masyarakat. 

Ambil sebagai contoh GKI Yasmin Bogor, HKBP Philadelfia Bekasi dan sebagainya. Dalam situasi dan kondisi semacam itu, tentu kita semua membutuhkan rasa aman. Kita perlu ketentraman. Kita ingin mengalami suasana tenang. Lalu bagaimana caranya agar keinginan tersebut dapat diperoleh? Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan. 

1. Serahkan hidup pada Tuhan 
Hidup kita pada Tuhan. Dia sumber segalanya bagi kita. Dia mengerti apa yang kita alami. Dia tahu situasi dan kondisi hidup kita. Dia memahami bahwa kita memerlukan makanan, minuman dan pakaian. Dia tahu persis kita memerlukannya. Oleh sebab itu, serahkanlah hidup Anda pada Tuhan. Maka Anda akan mendapatkan ketenangan. 

2. Utamakan Tuhan Bersekutulah selalu dengan Tuhan. Berdoa. Baca firman Tuhan. Memuji Tuhan. Bersekutu bersama anggota tubuh Kristus lainnya. Melalui aktivitas rohani tersebut iman kita bertumbuh. Kita memiliki kekuatan spiritual untuk bertahan. 

Cara kita memperlakukan Tuhan akan menentukan kedamaian hidup kita dalam menyikapi segala yang terjadi di kehidupan kita. Bila kita melakukannya dengan setia, ada jaminan dari Tuhan bahwa Dia akan memenuhi apa yang kita perlukan. Termasuk mengalahkan rasa kekuatiran hidup kita. 

3. Tidak perlu kuatir secara berlebihan Biasanya kita melebih-lebihkan rasa kuatir kita. Pada hal belum tentu apa yang kita kuatirkan benar adanya. Misalnya, istri atau suami atau anak belum pulang ke rumah. Kita biasanya mulai kuatir. 

Apa lagi bila tidak ada informasi sama sekali dari anggota keluarga bersangkutan. Itu sebabnya kita menjadi sangat cemas. Jadi, yang perlu kita lakukan ialah jangan membiarkan perasaan kekuatiran itu menguasai hidup kita. Jangan biarkan rasa kuatir kita menjadi liar. Tapi kendalikan, kuasai diri dan lakukan pencegahan.


Post a Comment for "CARA EFEKTIF MENGALAHKAN KEKUATIRAN HIDUP"