Translate

ORANG KRISTEN YANG BERTUMBUH DALAM YESUS

Kita tidak hanya dituntut untuk percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi. Tetapi kita juga harus memperlihatkan suatu pertumbuhan ke arah Kristus yang semakin serupa dengan-Nya. Pertumbuhan yang serupa dengan Kristus ini harus terlihat di dalam totalitas hidup kita setiap hari. Inilah yang menjadi tanda bahwa orang Kristen yang hidup dan bertumbuh. Bagaimana ciri-ciri orang Kristen yang bertumbuh?

1. Memiliki iman yang bertumbuh

Iman yang hidup dan bertumbuh adalah iman yang diperlihatkan dalam kehidupan sehari-hari. Dan tanda dari iman yang hidup dan bertumbuh ialah semakin dewasa dari sehari ke sehari - 2 Tesalonika 1:3. Orang Kristen yang bertumbuh adalah orang Kristen yang semakin menghasilkan buah-buah Roh Kudus dalam hidupnya - Galatia 5:22-23.

Iman yang bertumbuh adalah iman yang semakin memiliki kepastian di dalam Tuhan Yesus Kristus dan semakin kokoh di dalam perjalanan kehidupan. Ketika mengalami ujian dan penderitaan dan tantangan, tidak gampang menyerah dan putus asa. Di dalam semuanya itu, menjadi kesempatan bagi setiap orang Kristen untuk semakin memiliki iman yang bertumbuh seperti yang Tuhan Yesus Kristus inginkan.


2. Memiliki kasih yang bertambah
Kasih merupakan ciri khas hidup orang Kristen. Dikatakan demikian, karena dengan kasih orang Kristen dikenal. Namun, kasih perlu diusahakan untuk terus berkembang. Dan ciri orang Kristen yang bertumbuh adalah memiliki kasih yang semakin melimpah dalam hidupnya setiap hari. Kasih kepada Allah maupun kasih kepada sesama - 2 Tesalonika 1:3.

Mungkin anda mengasihi orang lain karena tuntutan sesuatu hal, tetapi dengan bertambahnya kasih anda, maka anda melakukannya karena anda menemukan sukacita yang besar ketika melakukannya. Hidup dalam mengasihi akan membuka kesempatan untuk melakukan hal-hal besar sehingga pengorbanan dan kasih akan berjalan beriringan.


3. Memiliki ketabahan

Tidak bisa dipungkiri bahwa menjadi orang Kristen tidaklah mudah. Terlebih menjalani kehidupan yang penuh dengan tantangan, ancaman, hambatan dan gangguan. Ada banyak tantangan dan rintangan. Tetapi, orang Kristen yang bertumbuh adalah orang Kristen yang tetap tabah dan sabar dalam menanggung segala perkara - 1 Tesalonika 1:4.

Ketabahan di sini bukan sekedar menerima segala persoalan yang ada tetapi juga mengubahnya menjadi sarana untuk mencapai keberhasilan hidup. Jadi, orang Kristen yang hidup dan bertumbuh, bukanlah orang Kristen yang menghindari masalah. Tetapi menghadapi dan memakainya menjadi batu loncatan untuk mencapai sasaran yang Tuhan tetapkan.