Translate

Hidup Yang Dimerdekakan Oleh Roh Kudus

Hidup yang dimerdekakan oleh Roh Kudus ~ Rasul Paulus mengonformasikan kepada jemaat di kota Roma, bahwa hanya Roh Kudus yang dapat melepaskan dan menghidupkan kita dari kehidupan daging yang mematikan. Hidup di dalam daging adalah sama dengan orang yang belum diselamatkan dan hidup dalam kebinasaan. 

Pusat kehidupannya hanyalah untuk memuaskan keinginan daging. Akibatnya, mereka akan berhadapan dengan maut - Roma 8:6; tidak memiliki kedamaian, sukacita dan hidup yang kekal karena berseteru dengan Allah - Roma 8:7; mereka tidak akan berkenan kepada Allah - Roma 8:8. Sedangkan hidup dalam Roh adalah penegasan Paulus kepada umat Tuhan. 

Orang yang dipimpin Roh adalah orang yang bersedia dibimbing oleh Roh, bersedia berjalan bersama Roh dan hidup menurut keinginan Roh. Hanya orang yang mau hidup dipimpin oleh Roh memampukan dia mematikan keinginan daging dan hidup dalam kebenaran, kekudusan, dan memancarkan buah Roh - Galatia 5:22-23. 

 Roh Kudus Memerdekakan Kita Dari Hukum Dosa Dan Hukum Maut "Roh yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut" - Roma 8:8. Roh Kudus membebaskan kita dari segala bentuk ikatan dosa yang membelenggu.


Dengan kekuatan dan kemampuan sendiri, mustahil kita bisa hidup dalam kebenaran secara konsisten. Justru yang terjadi adalah kita akan selalu mudah jatuh dalam dosa, seperti: berbuat dosa, menyesali dosa, memohon pengampunan dosa dan cenderung dapat melakukan dosa yang sama kembali. 

 Namun, dengan pertolongan Roh Kudus, kita beroleh kuasa mengalahkan kedagingan dan hidup dalam kebenaran, sebab: "... Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran" dan "... yang akan diutus oleh Bapa dalam Nama-Ku. Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu" - Yohanes 14:26. 

Sebab itu: "... hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging" - Galatia 5:16. Kita tidak akan mampu menjalani hidup ini tanpa tuntunan Roh Kudus. Kita sangat memerlukan-Nya. Karena, selain menuntun kita dalam kebenaran, Roh Kudus juga akan selalu mengingatkan dan menegur kita apabila langkah kaki kita mulai berbelok/melenceng dari kebenaran. Sehingga, hidup kita makin dibaharui dari hari ke hari, makin diubahkan dan makin mencerminkan karakter Kristus serta secara otomatis buah-buah Roh akan tampak nyata dalam kehidupan kita.

Post a Comment for "Hidup Yang Dimerdekakan Oleh Roh Kudus"