Translate

Cara Hidup Yang Menjadi Berkat

Hidup yang menjadi berkat – Salah satu tema yang dikemukakan oleh Tuhan Yesus dalam khotbah-Nya di bukit ialah tentang hidup yang menjadi berkat. Tuhan Yesus menegaskan topik itu demikian: “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga” – Matius 5:16. 

Kita dimotivasi untuk menjalani kehidupan ini dengan penuh tanggung jawab. Karena cara demikian, menentukan apakah hidup kita menjadi berkat bagi orang lain yang berimplikasi kepada mulut orang lain yang melihat kehidupan kita akan memuliakan Allah Bapa di sorga atau sebaliknya.

Cara hidup kita sebagai murid Tuhan Yesus menjadi barometer dan juga daya magnet yang menarik orang lain datang kepada Tuhan Yesus. Kita harus sadar bahwa semua perilaku, tindak tanduk dan perkataan kita sebagai murid Tuhan Yesus selalu diperhatikan oleh orang di luar Tuhan Yesus. 

Oleh karena itu, Tuhan Yesus mendorong kita untuk berusaha sedemikian rupa untuk mengerjakan segala sesuatu dengan cara yang benar dan cara itu menjadi ungkapan syukur yang keluar dari mulut orang lain yang memuliakan Bapa sorgawi kita. Dan mereka akan berkata bahwa kita punya integritas tinggi karena kita adalah murid Tuhan Yesus.


Ada beberapa cara hidup yang menjadi berkat yang harus kita peragakan sehingga menjadi kesaksian bagi orang lain, yaitu:

1. Hidup yang transparan
Hidup yang transparan ialah hidup yang dapat dilihat tanpa ada yang ditutup-tutupi. Hidup apa adanya yang sesuai dengan kebenaran firman Tuhan. Tuhan Yesus bersabda, “Hendaklah terangmu bercayaha di depan orang ...”. Artinya perbuatan kita itu baik dan benar serta sesuai dengan apa yang Tuhan Yesus kehendaki. Perbuatan kita itu benar, perkataan kita itu benar, tindakan kita itu benar.

Bila semua itu kita lakukan dengan baik dan benar, tentu ada dampaknya bagi orang yang ada di sekitar kita. Sebagaimana dikatakan bahwa pohon dikenal dari buahnya. Tuhan Yesus dikenal oleh orang lain melalui kehidupan yang kita yang kita tunjukkan setiap waktu dan tempat.

Satu contoh yang paling nyata dan mudah adalah anak-anak kita. Kita dapat terus menerus memberitahu mereka sepanjang hari mengenai bagaimana seharusnya mereka bertindak, mengerjakan sesuatu atau meresponi sesuatu, namun kenyataannya, mereka akan melakukan segala sesuatu seperti yang kita (orang tua) lakukan, bukan melakukan apa yang kita katakan

Ketika mereka beranjak dewasa nanti, mereka akan meniru semua yang kita lakukan termasuk, gaya hidup kita, pilihan-pilihan yang sudah kita ambil selama menjadi orang tua mereka dan bagaimana kita memaknai dan menjalani hubungan; baik dengan orang yang kita kasihi maupun dengan orang lain. Anak-anak akan melakukan segala sesuatu seperti yang dilakukan orang tuanya; yaitu berdasarkan apa yang mereka lihat dan mereka alami.


Itulah sebabnya sangat penting bagi setiap kita (terutama sebagai orang tua) untuk memberi contoh dan teladan yang tidak hanya baik, tetapi juga benar sesuai dengan Firman Tuhan kepada anak-anak dan keluarga kita. Tunjukkan pada mereka arti dari hidup benar sesuai dengan Firman Tuhan. 

Sebagai orang tua, kita melukis sebuah lukisan dengan gaya hidup kita dan anak-anak membingkainya sesuai dengan persepsi mereka masing-masing! Oleh karena itu, lukislah sesuatu yang akan membuat anak-anak kita merasa bangga ketika mereka harus memberi bingkai pada lukisan tersebut karena segala tindakan kita sebagai orang tua membentuk masa depan mereka!

Tidak pernah ada kata terlambat untuk merubah sebuah lukisan yang sedang Anda kerjakan. Anda dapat menciptakan suatu visi dan tujuan hidup yang dapat Anda wariskan turun temurun kepada generasi selanjutnya. Melalui teladan Anda, Anda tidak hanya berinvestasi kepada anak-anak Anda, tetapi juga kepada keturunan mereka kelak.

2. Perbuatan yang baik
Setiap perbuatan selalu berdampak ganda. Dampak ganda dimaksud dari perbuatan kita ialah dampak negative dan dampak positif. Dampak negative ialah setiap perbuatan yang menyakiti dan melukai orang lain. 

Perbuatan yang menyakiti dan melukai tersebut bentuknya baik secara fisik maupun psikis. Tentu perbuatan yang demikian tidak disukai oleh semua orang. Namun, terkadang kita juga acap kali melakukannya sehingga hidup kita tidak menjadi berkat.

Dampak yang kedua dari perbuatan kita ialah dampak yang positif yang dirasakan oleh orang lain. Perbuatan yang menjadi berkat bagi orang lain dimaksud yaitu kita menolong orang lain yang sedang membutuhkan pertolongan, mengunjungi orang yang sedang menderita di rumahnya atau di rumah sakit, menolong orang yang mengalami kecelakaan di jalan, membantu teman yang sedang kesulitan dalam pekerjaannya dan masih banyak lagi perbuatan baik yang bisa kita lakukan.


Tentunya perbuatan baik yang demikian akan membuat orang yang kita bantu atau tolong itu akan mengalami kelegaan. Dan dengan sendirinya mereka memuliakan Tuhan Yesus karena mereka tahu semua kita lakukan itu didasarkan oleh kasih yang sudah kita terima dari Tuhan Yesus. 

Baca juga: INJIL ADALAH KEKUATAN ALLAH PART 3.

Post a Comment for "Cara Hidup Yang Menjadi Berkat"