Translate

Bagaimanakah Sifat Kedatangan Tuhan Yesus Part 2

Alkitab dengan jelas menyatakan Tuhan Yesus Kristus pasti datang untuk kedua kalinya. Namun demikian, pertanyaan yang mengemuka ialah bagaimanakah sifat kedatangan Tuhan Yesus tersebut? Pertanyaan ini muncul sebagai suatu upaya untuk menemukan jawaban akurat terkait dengan sifat kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya ke dunia ini. Hal ini pwnting, karena iman Kristen dilandaskan pada salah satu ajaran tentang kedatangan Tuhan Yesus untuk membuktikan bahwa setiap orang percaya kepada-Nya tidaklah sia-sia.

Berdasarkan pandangan Millar J. Erickson yang menyebutkan ada 5 hal penting tentang bagaimana sifat kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali. Kelima hal dimaksud akan disajikan di bawah ini.


4. Kedatangan Tuhan Yesus bersifat tidak terduga (unexpected).
Tuhan Yesus dalam khotbah-Nya tentang akhir zaman bersabda: "Sebab sebagaimana mereka pada zaman sebelum air bah itu makan dan minum, kawin dan mengawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera, dan mereka tidak tahu akan sesuatu, sebelum air bah itu datang dan melenyapkan mereka semua, demikian pulalah halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia" - Matius 24:38-39. 


Hal itu juga jelas pada perumpamaan tentang hamba yang setia dan yang jahat. Perhatikan kalimat, "Maka tuan hamba itu akan datang pada hari yang tidak disangkanya" - Matius 24:50. Demikian juga tentang perumpamaan tentang gadis-gadis yang bijaksana dan yang bodoh - Matius 25:1-3. Di sini kembali muncul kata "tidak disangka-sangka". Digambarkan bahwa mempelai pria datang pada tengah malam di mana gadis-gadis tersebut tertidur. 

Rasul Paulus juga menyatakan hal tersebut kepada jemaat di Tesalonika. Dia menulis, "Tetapi tentang zaman dan masa Saudara-saudara, tidak perlu dituliskan kepadamu, karena kamu sendiri tahu benar-benar, bahwa hari Tuhan datang seperti pencuri pada malam hari. Apabila mereka mengatakan, "Semuanya damai dan aman,' maka tiba-tiba mereka ditimpa oleh kebinasaan, seperti seorang perempuan yang hamil ditimpa oleh sakit bersalin, lalu mereka pasti tidak akan luput" - 1 Tesalonika 5:1-3.

2. Kedatangan Tuhan Yesus bersifat penuh kemenangan dan kemuliaan (triumphat and glorious).
Sebagaimana telah dikutip di atas, Tuhan Yesus dalam khotbah-Nya bersabda: "Dan mereka akan melihat Anak Manusia itu datang di atas awan-awan di langit dengan segala kekuasaan dan kemulian-Nya" - Matius 24:30.

Rasul Paulus juga menuliskan bahwa ketika Kristus datang, Dia akan disertai oleh malaikat-malaikat dan penghulu malaikat - 1 Tesalonika 4:16. Paulus menegaskan bahwa kelak dalam nama Tuhan Yesus akan bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi" - Filipi 2:10.

Dia yang dihakimi selama hidup-Nya di dunia ini akan menjadi Hakim, yang akan menghakimi seluruh umat manusia. Karena itu berbahagialah kita yang tetap setia mengikut Tuhan Yesus serta memberitakan-Nya sekalipun banyak yang menyalah mengerti serta menolak-Nya. Karena sesungguhnya, Dia adalah Juruselamat dan Tuhan yang akan menghakimi dunia dengan segala kemenangan dan kemulian-Nya.

Baca juga bahan khotbah Kristen ini: TANDA TANDA KEDATANGAN TUHAN YESUS.

Post a Comment for "Bagaimanakah Sifat Kedatangan Tuhan Yesus Part 2"