Translate

Bagaimanakah Sifat Kedatangan Tuhan Yesus Part 1

Bagaimanakah sifat kedatangan Tuhan Yesus? - Alkitab dengan jelas menyatakan Tuhan Yesus Kristus pasti datang untuk kedua kalinya. Namun demikian, pertanyaan yang mengemuka ialah bagaimanakah sifat kedatangan Tuhan Yesus tersebut? Pertanyaan ini muncul sebagai suatu upaya untuk menemukan jawaban akurat terkait dengan sifat kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya ke dunia ini. Hal ini pwnting, karena iman Kristen dilandaskan pada salah satu ajaran tentang kedatangan Tuhan Yesus untuk membuktikan bahwa setiap orang percaya kepada-Nya tidaklah sia-sia.

Berdasarkan pandangan Millar J. Erickson yang menyebutkan ada 5 hal penting tentang bagaimana sifat kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali. Kelima hal dimaksud akan disajikan di bawah ini.

1. Kedatangan Tuhan Yesus bersifat pribadi atau personal.
Kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali bersifat personal atau pribadi. Hal ini sangat jelas dikatakan oleh dua orang malaikat kepada para murid Yesus yang sedang menatap ke langit pada peristiwa kenaikan Tuhan Yesus ke sorga. Dokter Lukas mengabadikannya dalam tulisan kepada Theofilus demikian: "Yesus ini, yang terangkat ke Surga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke Surga" - Kisah Para Rasul 1:11.

Tuhan Yesus sendiri, sebelum kembali kepada Allah Bapa bersabda, "Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada kamu pun berada" - Yohanes 14:3b. Rasul Paulus menulis, "Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari Surga. Dan kita yang hidup yang masih tinggal, akan menyonsong Tuhan di angkasa" - 1 Tesalonika 4:16-17. Dengan tepat S.H. Travis menulis, "Eschatology concerns a person, not merely an event" (Akhir zaman berkenaan dengan pribadi, bukan sekedar peristiwa). Pribadi yang dimaksudkan itu ialah Tuhan Yesus Kristus.


2. Kedatangan Tuhan Yesus bersifat physical (secara jasmani).
Mari kita melihat kembali pernyataan malaikat kepada para murid ketika peristiwa kenaikan Tuhan Yesus ke Surga. Ditegaskan bahwa: "Yesus akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke Surga". Dengan perkataan lain, orang percaya yang nanti melihat kedatangan-Nya yang kedua akan melihat-Nya memiliki tubuh yaitu tubuh kebangkitan, tubuh kemuliaan. 

Jadi tidak benar bahwa kedatangan-Nya yang kedua hanya bersifat rohani. Ada yang berpendapat bahwa sebenarnya arti parousia adalah "hadir". Jadi, Dia hadir secara rohani seperti yang dijanjikan-Nya. Tuhan Yesus bersabda, "Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman" - Matius 28:20. Hal itu memang ada benarnya, namun arti lain dari parousia adalah "datang", dan pengertian inilah yang paling menonjol dalam Perjanjian Baru. Kata lain yang digunakan dalam arti datang adalah "apokalupsis" dan "epiphania". Ketiga kata tersebut di atas digunakan Tuhan Yesus untuk menyatakan kedatangan-Nya kembali.

3. Kedatangan Tuhan Yesus bersifat visible (dapat dilihat).
Hal ini kembali jelas terlihat dari perkataan malaikat tersebut di atas. Perhatikan kalimata, "akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke Surga" - Kisah Para Rasul 1:11b. Tuhan Yesus sendiri bersabda: "Pada waktu itu akan tampak tanda Anak Manusia di langit dan semua bangsa di bumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Manusia itu datang di atas awan-awan di langit dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya" - Matius 24:30. 

Post a Comment for "Bagaimanakah Sifat Kedatangan Tuhan Yesus Part 1"