Translate

Iman Yang Mengalahkan Dunia Iblis

Iman yang mengalahkan dunia Iblis – Penulis surat Ibrani berkaitan dengan iman, menulis demikian: “Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat” – Ibrani 11:1. Iman memiliki kekuatan yang sangat dahsyat di dalam kehidupan kita. Itu sebabnya penulis surat Yohanes menulis demikian: “Sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita” – 1 Yohanes 5:4

Kata “dunia” saya artikan dalam dua persepektif, yaitu: pertama, dunia menunjuk kepada sistem yang tidak baik, sistem yang bertentangan dengan kebenaran firman Tuhan dan sistem dunia yang penuh dengan kejahatan; kedua, dunia menunjuk kepada sebuah kekuatan yang saya terjemahkan sebagai dunia Iblis dan antek-anteknya yang bekerja siang dan malam untuk menghancurkan, merusak dan mematikan hidup orang Kristen.

Kekuatan kita sendiri tentu tidak akan mampu untuk melawan apalagi mengalahkannya. Itu sebabnya topik khotbah Kristen ini saya buat yaitu: iman yang mengalahkan dunia Iblis. Kita bisa menang atas Iblis dan sistem dunia yang dibangunnya hanya dengan iman. Tanpa iman, kita akan menjadi orang-orang yang sangat mudah diperdaya dan dikalahkan oleh Iblis. Iman yang mengalahkan dunia Iblis merupakan motivasi, spirit dan harapan yang bisa kita andalkan.


Pertanyaan penting yang harus diajukan ialah: “Bagaimana caranya agar iman yang mengalahkan dunia Iblis itu bisa terealisasi?” Berikut beberapa hal yang menunjukkan bahwa iman yang mengalahkan dunia Iblis itu dapat dipraktekkan.

1. Kita harus hidup di dalam kasih.
Iman yang mengalahkan dunia Iblis harus dilandaskan pada kasih. Kita harus hidup di dalam kasih. Hidup di dalam kasih ini menunjuk kepada dua aspek, yaitu aspek vertikal dan aspek horizontal. Artinya mengasihi Tuhan (vertikal) dan mengasihi sesama (horizontal). Ini adalah ciri dari setiap kita yang beriman kepada Tuhan.

Penulis surat Yohanes menulis demikian: “Setiap orang yang percaya, bahwa Yesus adalah Kristus, lahir dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi Dia yang melahirkan, mengasihi juga dia yang lahir daripada-Nya” – 1 Yohanes 5:1. Kasih adalah sifat Allah kita. Dia telah mencurahkan kasih-Nya dengan limpah ke dalam hidup kita yang percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi kita. Iblis hanya bisa dikalahkan oleh iman yang dilandaskan kepada kasih Allah.

Iblis tidak memiliki kasih. Iblis hanya bisa mencuri, membunuh dan membinasakan manusia. Iblis adalah bapa segala yang jahat. Ia harus dikalahkan. Tuhan Yesus sudah mengalahkan dia. Sehingga kita yang beriman kepada Tuhan Yesus pasti bisa mengalahkan Iblis karena kasih Yesus sudah dilimpahkan kepada kita.

2. Hidup dalam ketaatan kepada perintah Tuhan.
Iman yang mengalahkan dunia Iblis, selain iman yang dilandaskan kepada kasih Allah, juga iman yang dibuktikan dalam ketaatan kepada perintah-perintah Tuhan. Penulis surat Yohanes menulis demikian: “Inilah tandanya, bahwa kita mengasihi anak-anak Allah, yaitu apabila kita mengasihi Allah serta melakukan perintah-perintah-Nya. Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya” – 1 Yohanes 5:2-3. Ketaatan kepada perintah-perintah Tuhan dalam hidup kita merupakan bukti bahwa kita mengasihi Allah.

Iblis tidak taat kepada perintah-perintah Tuhan. Ia melawan semua hukum, ketetapan dan perintah-perintah Allah. Itu sebabnya Allah menghukum Iblis dengan menyingkirkannya dari Kerajaan Allah dengan melemparkannya ke dalam dunia ini. Iblis menjadi musuh Allah dan juga musuh orang yang beriman kepada Tuhan Yesus. Iman kepada Tuhan Yesus inilah yang menjamin kemenangan atas Iblis. Caranya ialah kita hidup dalam ketaatan penuh kepada perintah-perintah Tuhan. Mengasihi Tuhan dan percaya kepada Tuhan Yesus harus diikuti dengan mentaati apa yang Allah perintahkan dan itulah kuncinya agar Iblis bisa dikalahkan.

3. Hidup yang disertai Tuhan dan kuasa-Nya.
Iman yang mengalahkan dunia Iblis adalah iman yang disertai dengan mujizat atau demonstrasi kuasa Tuhan. Penulis surat Yohanes menulis demikian: “Sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita. Siapakah yang mengalahkan dunia, selain dari pada dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Anak Allah?” – 1 Yohanes 5:5

Setiap kita yang percaya dan mengasihi Tuhan serta melakukan atau menaati perintah-perintah Allah, pasti disertai oleh Tuhan. Penyertaan Tuhan ini diikuti dengan demonstrasi kuasa-Nya yang mengalahkan kekuatan Iblis dan antek-anteknya. Dengan demikian kita bisa mengalahkan Iblis karena kita lahir dari Allah dan semua yang lahir dari Allah mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia yaitu iman kita kepada Tuhan Yesus Kristus.

Jadi, ada jaminan pasti bagi kita yang percaya bahwa Yesus adalah Anak Allah, untuk menang atas Iblis dan sistem yang dibangunnya. Sistem jahat yang dibangun oleh Iblis dan digerakkan olehnya dapat dilumpuhkan dengan iman kepada Tuhan Yesus Kristus. Ditandai dengan hidup dalam kasih, menaati perintah-perintah Allah dan penyertaan Allah yang penuh kuasa di dalam hidup kita. 
Baca juga: KUASA PENGAMPUNAN TUHAN YESUS.

Post a Comment for "Iman Yang Mengalahkan Dunia Iblis"