Translate

Ciri Individu Yang Berfungsi Sepenuhnya

Ciri individu yang berfungsi sepenuhnya ~ Kita ditempatkan oleh Tuhan di dunia ini dengan tujuan supaya kita bisa memberi kontribusi positif bagi dunia ini. Namun, ada banyak orang yang tidak menyadari hal ini dengan baik. Akibatnya, mereka hanya bisa mengkritik, berpangku tangan dan menjadi penonton. Bukan menjadi pemain utama. Mereka tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Dalam gereja pun demikian. Ada banyak orang yang hadir di gereja hanya sebagai penonton. Mereka tidak bergairah untuk melakukan sesuatu bagi orang lain. Mereka hanya mau menerima saja, tetapi tidak mau berkorban. Mereka hanya mau menikmati berkat, tetapi tidak ingin menyalurkan berkat itu bagi orang lain yang membutuhkan.

Pada hal, secara alami manusia ingin untuk mengaktualisasikan dirinya. Menyalurkan potensi dirinya. Setiap orang memiliki keinginan untuk berfungsi sepenuhnya dalam kancah kehidupan sosialnya. Untuk berfungsi secara optimal memang tidaklah gampang. Membutuhkan proses sepanjang hidupnya.

Ada beberapa sifat dari individu yang berfungsi sepenuhnya, yaitu:


1. Ia terbuka pada pengalaman hidupnya.
Individu yang sehat bebas untuk mengalami semua perasaan dan sikap hidupnya. Bagi mereka tidak akan menutupi pengalaman hidupnya. Mereka selalu terbuka dalam seluruh aspek hidupnya. Mereka mengetahu segala sesuatu tentang dirinya dan tidak ada segi kepribadiannya yang tertutup.

2. Ia hidup dalam setiap momen
Orang yang berfungsi sepenuhnya, hidup sepenuhnya dalam setiap momen kehidupan. Setiap pengalaman dirasa segar dan baru, maka dari itu ada kegembiraan karena setiap pengalaman tersingkap. Karena orang yang sehat terbuka kepada semua pengalaman, maka diri atau kepribadian terus-menerus dipengaruhi atau disegarkan oleh setiap pengalaman.

3. Kepercayaan terhadap komunitas sehat

Komunitas tempat dia bersosialisasi menjadi sangat komit. Ia percaya kepada komunitasnya. Ia melakukan aktivitas bersama komunitasnya. Ia tidak akan meninggalkan komunitasnya karena dia merasa dalam komunitas itulah ia bisa mengaktualisasikan segenap potensinya. Baca juga artikel ini: Bertumbuh Dalam Kasih Karunia Allah.

Post a Comment for "Ciri Individu Yang Berfungsi Sepenuhnya"