Translate

3 PERANAN ROH KUDUS DALAM DUNIA YANG BERMASALAH

Roh Kudus datang pada hari Pentakosta (hari ke 50 pasca kenaikan Yesus) sebagai realisasi janji Yesus sebelum kenaikan-Nya ke sorga kepada murid-murid-Nya. Kedatangan atau pencurahan Roh Kudus ke atas gereja-Nya tentu memiliki tugas utama. 

Peranan penting yang dimainkan atau diperankan oleh Roh Kudus adalah untuk menginsafkan dunia yang sedang bermasalah. Istilah menginsafkan (bhs. Yun. elencho), berarti menyingkapkan, membuktikan ketidakbenaran dan membuktikan bahwa dunia bersalah. Roh Kudus menginsafkan dunia bahwa dunia bersalah dalam tiga hal, yaitu: 

1. Dosa. 
Roh Kudus punya peranan yaitu menginsafkan dunia akan dosa-dosanya dan membangkitkan kesadaran dunia akan dosa-dosanya serta mendorong dunia untuk menyadari kebutuhannya akan pengampunan dan agar dunia percaya kepada Yesus Kristus. Hanya dengan jalan itu dunia mendapatkan pengampunan dan pemuliha relasi spiritual dengan Allah. 

2. Kebenaran. 
Dunia berusaha mendirikan kebenarannya sendiri. Rasul Paulus menulis: "Sebab oleh karena mereka tidak mengenal kebenaran Allah dan oleh karena mereka berusaha mendirikan kebenaran mereka sendiri, maka mereka tidak takluk kepada kebenaran Allah" - Roma 10:3. Dunia yang berdosa tidak dapat mengenal kebenaran Allah. Mereka berusaha mendirikan hidup mereka di atas kebenaran mereka yang terbatas, kebenaran sementa, kebenaran semu. Akibatnya, mereka tidak tunduk kepada kebenaran Allah. 

Roh Kudus punya peranan menginsafkan dunia bahwa kebenaran mereka seperti kain kotor. Kebenaran yang mereka usahakan tidak mampu membuat mereka layak di hadapan Allah. Perbuatan-perbuatan baik dan amal ibadah mereka pun tidak sedikit membuat Allah simpati kepada mereka. Karena itu, Roh Kudus menginsafkan dunia bahwa ada kebenaran sejati, yaitu Yesus Kristus Anak Tunggal Allah - Dialah satu-satunya sumber kebenaran dan hanya melalui kebenaran Kristus sajalah manusia bisa dinyatakan secara yuridis benar di hadapan Allah. 

Roh Kudus melakukan pelayanan tersebut karena Tuhan Yesus Kristus pergi kepada Bapa dan para murid tidak dapat melihat Yesus lagi secara fisik. Roh Kuduslah yang secara bersinambung berkarya melalui pelayanan para murid dan juga gereja sepanjang masa untuk menyadarkan dunia akan kebenaran sejati di dalam dan melalui Tuhan Yesus Kristus.  
3. Penghakiman. 
Roh Kudus menginsafkan dunia bahwa dunia tidak luput dari penghakiman Allah. Dunia akan ada dalam posisi sebagai terdakwa di hadapan Allah. Dunia yang menjalankan penghakiman yang tidak adil terhadap Yesus akan diadili oleh Allah. Dunia akan diminta pertanggung jawabannya atas perlakuan hukum dilakukan dalam dunia pengadilan dunia ini. Para pelaku yang memutar-balikan fakta hukum, di mana yang benar jadi salah dan yang salah jadi benar di pengadilan dunia, akan dihakimi oleh Allah. Roh Kudus punya peranan untuk menginsafkan dunia tentang penghakiman Allah di masa depan. Tidak ada yang luput, semua akan menerima upahnya sesuai dengan perbuatannya selama hidup di dunia.

Post a Comment for "3 PERANAN ROH KUDUS DALAM DUNIA YANG BERMASALAH"