Translate

Arti Dan Makna Penampakan Yesus Bagi Kita

Arti dan makna penampakan Yesus bagi kita ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari kitab Kisah Para Rasul. Dokter Lukas menegaskan demikian: “Kepada mereka Ia menunjukkan diri-Nya setelah penderitaan-Nya selesai, dan dengan banyak tanda Ia membuktikan, bahwa Ia hidup. Sebab selama empat puluh hari Ia berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang Kerajaan Allah” – Kisah Para Rasul 1:3.

Yesus menampakkan diri kepada para murid-Nya merupakan mata rantai dari semua rangkaian keselamatan dari Allah yang tidak terputus bagi manusia. Pada sisi lain, Yesus menampakkan diri kepada para murid memberi arti dan makna yang spesial.

Demikian juga dengan kita pada masa kini. Memang benar Yesus tidak menampakkan diri kepada kita secara langsung. Dan kita pun tidak pernah bertemu dengan Yesus yang bangkit secara fisik. Namun, dalam iman kita percaya bahwa Yesus yang mati disalib itu sudah bangkit dan menampakkan diri kepada para murid. Para murid telah bersaksi bahwa benar Yesus telah bangkit dan menampakkan diri kepada mereka. Kesaksian para murid itulah yang kita terima sebagai sebuah fakta sejarah dan fakta iman serta kebenaran yang tidak terbantahkan.


Setelah kebangkitan-Nya dari antara orang mati pada hari ketiga, maka Yesus menampakkan diri kepada banyak orang. Pertama-tama, Yesus menampakkan diri kepada Maria Magdalena, lalu kepada para murid-murid dan sesudah itu Ia menampakkan diri juga kepada lebih dari lima ratus saudara sekaligus (1 Kor. 15:6). Tentunya ada maksud yang penting mengapa Yesus menampakkan diri kepada banyak orang.

Pertanyaan penting yang patut diajukan ialah: “Apa arti dan makna penampakan diri Yesus kepada para murid, kepada banyak orang dan bagi kita pada masa kini?” Berdasarkan ajaran Alkitab khususnya Perjanjian Baru, maka kita menemukan beberapa hal penting dari arti dan makna penampakkan Yesus kepada para murid, kepada banyak orang dan bagi kita pada masa kini, yaitu:

1. Yesus membuktikan bahwa Dia telah mengalahkan kematian.
Yesus hendak meyakinkan kepada banyak orang bahwa Ia bukan Allah yang mati, melainkan Ia hidup untuk selama-lamanya. Dengan adanya penampakan diri Yesus kepada para murid dan banyak saudara yang lain adalah untuk menepis anggapan bahwa Yesus sebagai manusia biasa. Karena banyak orang yang menolak keilahian Yesus, oleh sebab itu Yesus hendak meyakinkan kepada semua orang, termasuk kepada Tomas yang meragukan kebangkitan Yesus. Dengan banyaknya saksi mata yang melihat bahwa Yesus hidup, maka keilahian Yesus bisa diterima oleh para murid dan banyak orang lainnya.

2. Yesus meneguhkan kesaksian dari para murid.
Yesus menampakkan diri kepada para murid dengan tujuan untuk meneguhkan kesaksian para murid bahwa benar Yesus itu hidup dan menjamin masa depan semua orang yang percaya kepada-Nya.

Pada sisi lain, Yesus menampakkan diri dengan tujuan untuk mempersiapkan saksi bagi Kristus. Ketika Yesus menampakkan diri kepada semua murid dan sebelum Yesus naik ke surga, dalam catatan Lukas mengatakan “Kamu adalah saksi dari semuanya ini” (Luk. 24:48). Ayat ini hendak menegaskan bahwa setiap murid Kristus dipanggil untuk menjadi saksi yang menceritakan karya salib mulai dari kematian, kebangkitan, penampakkan diri Yesus dan kenaikan-Nya ke surga.

Peranan para saksi ini sangat penting untuk memberitakan keilahian Yesus kepada semua orang, mulai dari Yerusalem, Yudea, Samaria, sampai ke ujung bumi. Sebab, bagaimana mungkin semua orang dapat mengenal Kristus jika tidak ada murid yang bersaksi tentang Kristus.

Jadi, penampakan diri Yesus dimaksudkan adalah untuk membuktikan keilahian Yesus yang telah mengalahkan kuasa maut dan bangkit serta naik ke surga untuk hidup selama-lamanya sebagai Allah yang kekal Yang Awal dan Yang Akhir (Alfa dan Omega). Dan para murid dipanggil untuk menjadi saksi yang menceritakan berita Kerajaan Allah ini.

Post a Comment for "Arti Dan Makna Penampakan Yesus Bagi Kita"