Translate

Kenali Gejala Dini Kanker Paru Paru 3

Kenali gejalan dini kanker paru-paru ~ Bagi Anda yang mengalami gejala-gejala kanker paru-paru seperti batuk berkelanjutan, batuk darah, sesak napas, dan nyeri di dada sebaiknya segera menemui dokter.

Deteksi dini terhadap kanker dapat meningkatkan keberhasilan proses pengobatannya. Berikut ini adalah beberapa tes yang bisa dilakukan untuk memastikan diagnosis kanker.

Tes pencitraan. Diagnosis pertama untuk kanker paru-paru biasanya menggunakan X-ray. Pencitraan X-ray dari paru-paru bisa memperlihatkan tumor yang ada. Jika dari X-ray dicurigai terdapat kanker paru-paru, tes lanjutan perlu dilakukan untuk memastikannya. 

CT Scan bisa memperlihatkan abnormal kecil yang tidak bisa terlihat dengan X-ray. Dengan memanfaatkan CT scan, pencitraan yang lebih jelas dan detail bisa didapatkan.  PET-CT Scan bisa memperlihatkan lokasi sel kanker yang aktif. Pencitraan ini biasa dilakukan jika hasil pemeriksaan dengan CT Scan menunjukkan terdapat sel kanker pada stadium awal.


Pemeriksaan dahak. Dahak yang kita keluarkan saat batuk dapat diperiksa di laboratorium dengan mikroskop. Terkadang pemeriksaan ini bisa digunakan untuk melihat apakah terdapat sel-sel kanker di dalam paru-paru.

Biopsi atau pengambilan sampel jaringan paru-paru. Prosedur ini dilakukan setelah tes pencitraan dan memperlihatkan bahwa terdapat sel kanker pada bagian dada. Dokter akan mengambil sampel sel jaringan dari dalam paru-paru.

Stadium Kanker Paru-paru
Stadium 1. Kanker masih berada di dalam paru-paru dan belum menyebar ke kelenjar getah bening di sekitarnya. Besarnya tumor pada tahap ini masih di bawah 5 cm.

Stadium 2. Tumor  berukuran apa saja yang sudah menyebar pada bagian-bagian lain seperti kelenjar getah bening, rongga dada, diafragma, atau lapisan yang membungkus paru-paru. Selain itu, kanker juga tergolong stadium 2 jika telah berukuran lebih dari 5 cm.
Stadium 3. Pada tahap ini, ada sel kanker yang telah menyebar ke kelenjar getah bening yang berada jauh dari paru-paru atau tumor yang ada di paru-paru sudah sangat besar dan menyerang organ lain di dekat paru-paru.

Stadium 4. Kanker sudah menyebar ke paru-paru sebelah atau organ tubuh lain yang jauh dari paru-paru seperti otak dan hati, atau cairan yang mengandung sel kanker mungkin sudah muncul di sekitar jantung atau paru-paru.


Sumber: alodokterdotcom.

Post a Comment for "Kenali Gejala Dini Kanker Paru Paru 3"