Translate

Bagaimana Mengobati Kanker Hati Stadium Akhir 2

Bagaimana mengobati kanker hati stadium akhir ~ Bicara tentang kanker memang suatu yang mengerikan. Apalagi bila kita yang terserang penyakit ganas ini pastilah sangat terpukul. Tapi kita berharap diajuhkanlah hal itu dari pada kita.

Berikut ini Ke– 4 tahap atau stadium kanker hati tersebut adalah:

Stadium I
Kanker hati stadium 1 merupakan tahapan kanker hati yang paling ringan dan mudah diobati. Pada stadium atau tahapan ini, kanker masih bersifat lokal dan belum menyebar ke organ lain. Kanker stadium ini berada di dalam hati, dengan ukuran yang sangat kecil, dan tidak lebih dari 2 cm ukurannya.

Apabila pasien sudah terdeteksi mengalami kanker hati pada stadium ini, maka proses operasi pembedahan dan pengangkatan sel kanker pun akan sangat mudah dan lebih memiliki potensi sembuh yang tinggi.


Stadium II
Merupakan stadium atau tahapan lanjutan dari stadium 1. Pada stadium ini, sel kanker dapat muncul pada lebih dari satu lokasi. Titik kemunculan sel kanker ini bervariasi di dalam bagian hati. Namun demikian, pada stadium atau tahap ini, sel kanker masih bersifat lokal, yang artinya hanya terdapat pada bagian hati dan belum menyebar ke organ-organ tubuh lainnya.

Pada stadium dua ini, operasi pembedahan dan pengangkatan sel kanker masih dapat dilakukan. Pada tahap ini, sel kanker masih dapat dibersihkan  yang bersarang pada organ hati. Selain sifatnya yang lkcal, sel kanker pada tahapan ini juga relatif berukuran kecil.

Stadium III
Merupakan fase ke tiga. Stadium atau tahapan ke tiga pada kanker hati ini juga bisa dikenal dengan sebutan stadium lanjut pada kanker hati. Pada stadium atau tahapan ke tiga ini, sel kanker yang terdiri dari satu sel atau lebih, muncul pada bagian lobus hati dengan ukuran yang lebih besar dari 2 cm.

Pada stadium ini, ciri-ciri kanker hati kemungkinan kanker dapat menginfeksi kelenjar getah bening yang berada berdekatan dengan hati. Selain itu, pada stadium ke tiga ini, pembuluh darah yang berada di sekitar hati memiliki potensi untuk terpengaruh sel kanker. Namun demikian organ tubuh lainnya tidak memiliki potensi untuk terpengaruh atau terinfeksi sel kanker pada tahapan atau stadium ke tiga ini.

Stadium IV
Merupakan tahapan atau stadium terahir dari kanker hati, yang merupakan stadium terparah dari kanker hati. Pada tahapan atau stadium ke empat ini, kanker sudah menyebar ke dalam dua lobus hati degan lebih dari 1 titik sel kanker yang timbul.

Kemungkinan terburuknya adalah kanker sudah menyebar, selain ke organ tubuh yang berdekatan, seperti kelenjar getah bening, kanker juga mungkin sudah menyebar ke titik terjauh dari titik asal kanker tersebut berasal.

Ketika kanker sudah semakin memburuk, dimana muncul pada titik terjauh dari titik asal mula munculnya kanker, maka tindakan pengobatan kanker hati akan sulit dilakukan. Hal ini disebabkan oleh kondisi kanker yang sudah menyebar ke organ tubuh lainnya, sehingga hal yang paling mudah untuk dilakukan selain terapi adalah penggunaan zat penghilang rasa sakit.

Pengobatan Kanker Hati
Namun demikian, apabila anda sudah divonis menderita kanker hati, maka ada banyak sekali fasilitas medis yang dapat anda gunakan untuk mengobati kanker hati yang anda alami.

Pembedahan – Pembedahan merupakan hal paling sederhana yang dapat ditempuh untuk melakukan pengobatan terhadap kanker hati. Pembedahan ini dilakukan untuk mengangkat sel kanker stadium atau tahapan awal yang muncul pada bagian hati. Seperti yang terjadi pada operasi kanker otak.

Radioterapi – Terapi radio ini merupakan suatu proses terapi dimana sel kanker akan dihancurkan dengan menggunakan sinar yang memiliki energi tinggi atau sinar X – Ray.  Radio terapi ini dapat dilakukan baik secara eksternal menggunakan akselarator x – ray, peneapan secara internal ataupun secara radio labeled antibody.

Kemoterapi – Merupakan bentuk terapi umum yang biasa ditempuh oleh pengidap kanker. Kemoterapi merupakan proses pemberian dan penggunaan obat khusus yang diracik untuk menghancurkan sel kanker. Obat–obatan ini dapat diberikan melalui pil, suntikan ataupun infus.

Targeted Therapy – Targeted Therapy merupakan metode pengobatan yang lebih spesifik daripada kemoterapi. Dengan menggunakan obat – obatan jenis Sorafenib, terapi ini diyakini bisa memiliki hasil yang lebih baik daripada kemoterapi.

Namun demikian harga obat yang teramat mahal, dan masih diperlukan riset lanjutan untuk menguji efektifitas dari obat ini membuat kemoterapi masih lebih populer dalam mengobati penyakit kanker.

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk cara mencegah kanker hati ini. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Hindari konsumsi alkohol
Hindari konsumsi lemak hewani secara berlebihan
Lakukan vaksinasi virus Hepatitis
Apabila anda memiliki resiko terserang kanker hati, maka ada baiknya anda melakukan proses screening secara teratur agar kondisi anda tetap terpantau.

Sumber: faktakankerdotcom.

Post a Comment for "Bagaimana Mengobati Kanker Hati Stadium Akhir 2 "