Translate

SUKSES DENGAN MENGENAL TUJUAN HIDUP

Acap kali kita mengalami kondisi stagnan dalam hidup kita. Kita seakan kehilangan energi, kekurangan motivasi, memudarnya gairah hidup dan kondisi lainnya. Situasi semacam ini kalau dibiarkan terus terjadi dalam hidup, maka cepat atau lambat roda hidup akan berhenti. Pada hal, secara natural kita semua menghendaki hal yang lebih baik, lebih produktif dan lebih sukses. 

Kondisi dan situasi stagnan seharusnya tidak boleh terjadi dalam hidup kita. Kalaupun hal itu kita alami, maka kita sepatutnya mengambil langkah-langkah strategis untuk mengantisipasinya. Langkah-langkah strategis itu tidak harus yang spektakuler. Langkah kecil yang dimaksud adalah hal yang sangat mendasar di dalam hidup kita. 

Apa langkah mendasar yang harus kita lakukan dalam hidup? Langkah mendasar itu ialah mengenal dan mengetahui tujuan hidup kita. Ada beberapa dampak yang bisa kita alami dalam hidup, bila kita mengenal dan mengetahui tujuan hidup kita. 

1. Hidup kita menjadi lebih berarti 
Tuhan Alah menciptakan kita agar hidup kita punya arti atau memiliki makna. Dorongan hidup untuk menjadi berarti dalam diri seseorang begitu tinggi. Itu sebabnya minat kebanyakan orang terhadap ilmu astrologi begitu tinggi. Mereka ingin mengetahui arti hidup mereka dan makna kehadiran mereka di tengah-tengah dunia ini, di antara komunitasnya. Orang Kristen pun tidak ketinggalan terlibat dalam pencarian makna hidupnya melalui ramalan perbintangan. Walaupun cara demikian tidak menjamin mereka mengetahui secara pasti arti hidup mereka. 

Kitab Suci (Alkitab) menegaskan bahwa: "Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan." Upaya-upaya yang salah, metode-metode yang bertentangan dengan kehendak Tuhan, dalam mencari arti hidup dipandang sebagai suatu kebodohan. Alkitab memotivasi kita untuk kita mengerti kehendak Tuhan yang telah menciptakan dan menghadirkan kita di planet bumi ini. Pastinya kehendak Tuhan bagi kita ciptaan-Nya ialah yang terbaik dan yang mulia. Bila kita mengerti kehendak Tuhan bagi kehidupan kita, disinilah kita disebut sukses. Hidup kita menjadi berarti dan berdampak positif. Kita mengetahui misi hidup kita dengan jelas. 

2. Hidup menjadi termotivasi 
Dengan mengenal tujuan hidup kita, maka dengan sendirinya kita akan termotivasi. Keinginan untuk menjadi lebih sukses, lebih produktif, lebih bermanfaat, lebih berdampak bagi kehidupan akan meningkat. Energi hidup kita akan menjadi dua kali lipat kekuatannya. George Bernard Shaw menulis: "Inilah sukacita sejati dalam hidup: dipakai untuk mencapai tujuan yang disadari sebagai tujuan yang hebat; kesadaran itu menjadi suatu kekuatan alami dan bukannya sakit-penyakit dan keluhan yang bersifat mementingkan diri, keluhan bahwa dunia tidak mau memberikan segalanya untuk membuat Anda bahagia. 

3. Hidup kita lebih siap memasuki kekekalan 
Banyak orang berjuang dan membuang hidupnya dengan semangat untuk mengumpulkan kekayaan melimpah di bumi. Mereka ingin meninggalkan warisan bagi generasi berikutnya. Mereka ingin dikenang sebagai pribadi-pribadi yang telah mengubah sejarah dunia. Mereka ingin dikenang sebagai orang-orang yang telah berhasil mewariskan kekayaan bagi sesamanya. Semua itu baik. Namun, ada yang selalu dilupakan oleh kebanyakan orang yaitu kekekalan. Mereka hanya berpikir untuk hidup di dunia. 

Boleh dikatakan 99,99% hidup mereka terfokus hanya kepada perkara-perkara duniawi. Itu sebabnya, banyak orang yang tidak mempersiapkan diri bagi kekekalan. Mengenal tujuan dan mengerti kehendak Tuhan, membawa kita untuk bukan saja memikir hal-hal di dunia ini tetapi juga membantu kita untuk menyiapkan hidup kita memasuki kekekalan. Hidup yang terfokus hanya untuk menghasilkan warisan di dunia ini saja merupakan sasaran yang sifatnya sementara. Menjadi lebih bijaksana jika ita memakai waktu hidup kita untuk membangun warisan kekal dan mewariskannya bagi sesama. Dengan begitu, sesama kita pun bisa siap memasuki kekekalan. 

4. Hidup semakin lebih gampang 
Mengenal dan mengerti tujuan hidup kita di dalam kehendak Tuhan, akan memudahkan kita untuk mengerjakan segala sesuatu. Karena dengan memiliki tujuan yang jelas, kita bisa mengetahui secara pasti apa yang patut dikerjakan dan apa yang tidak perlu. Lebih dari itu, kita juga bisa mengevaluasi dan memangkas kegiatan-kegiatan yang tidak penting. Kita lebih terfokus kepada aktivitas-aktivitas yang produktif dan berdampak bagi kehidupan. 

5. Hidup semakin lebih fokus 
Semua upaya dan tenaga kita akan terfokus padan hal-hal yang terpenting bagi kehidupan. Kita menjadi lebih bijaksana dalam menyeleksi hal-hal penting dan tidak berguna. Bila kita ingin sukses dalam hidup ini dan memiliki pengaruh, maka yang perlu dilauan ialah hidup secara terfokus. Berhentilah melakukan hal-hal yang sia-sia. Berhentilah mencoba melakukan segal hal dengan segudang aktivitas yang hanya akan membuang waktu dan tenaga tanpa hasil.

Post a Comment for "SUKSES DENGAN MENGENAL TUJUAN HIDUP"