Translate

TIPS KELUARGAKU BAHAGIA

Khotbah Tentang Keluarga Bahagia, Khotbah Tentang Pernikahan Kristen, Khotbah Tentang Rumah Tangga.
Keluarga bahagia adalah dambaan setiap orang. Kalau ada satu pemuda dan satu pemudi menjalin hubungan cinta dan bermaksud untuk membangun satu rumah tangga, maka yang ada dalam hatinya adalah mereka akan mengalami kebahagiaan pada akhirnya.
Tetapi kebanyakan pernikahan, tidak mengalami kebahagiaan, melainkan penderitaan. Tidak sedikit yang berakhir dengan perceraian. Tingkat perceraian semakin tinggi di dunia karena mereka kehabisan anggur baru dalam hidup pernikahannya. Dan kisah perkawinan di Kana dalam Yohanes 2:1-11, kita menemukan tiga tips keluarga bahagia.

1. Keluarga yang tergembala dengan baik - Yohanes 2:1-5

Tips keluarga bahagia yang pertama adalah keluarga yang tergembala dengan baik. Perkawinan di kota Kana diceritakan oleh penulis Injil Yohanes, sedang mengalami masalah yang serius. Masalah serius dimaksud ialah mereka kehabisan anggur. Masalah tersebut akan merenggut kebahagiaan keluarga yang baru dibentuk. Bukan hanya itu saja, masalah yang sedang terjadi tentu juga akan mempermalukan keluarga besar. Dan kita bisa menarik kesimpulan bahwa keluarga ini ada diambang kehancuran dan diambang perceraian.

Dalam situasi dan kondisi konflik semacam itu, biasanya masing-masing orang, acap kali mencari jalannya sendiri-sendiri. Lalu mereka berupaya memasang jurus-jurusnya sendiri. Kemudian mulai melakukan penyerangan sporadis kepada pihak lainnya. Serangan sporadis ini adalah dengan menuntut, mempermasalahkan dan mengkambing-hitamkan pasangan atau keluarga dari masing-masing pihak. Masalah bukannya selesai, justru semakin panjang.


Keluarga yang diceritakan dalam Injil Yohanes 2:1-11, memang sedang menghadapi masalah. Namun, karena mereka ada dalam penggembalaan yang benar, mereka mendapat perlindungan dan pertolongan dari Tuhan. Anggur lama yang sudah habis dan berpotensi terjadinya konflik, kini diganti Tuhan dengan anggur yang baru. Keluarga terselamatkan.


2. Keluarga yang taat melakukan firman Tuhan - Yohanes 2:5-8

Tips keluarga bahagia yang kedua adalah keluarga yang taat melakukan firman Tuhan dalam hidup rumah tangganya. Ketika ibu Yesus, yaitu Maria menyampaikan kasus yang sedang menimpa keluarga ini, harapannya ialah Yesus dapat menolong dan menyelamatkan keluarga tersebut. Maria ibu Yesus, berkata kepada pelayan-pelayan, "Apa yang dikatakan kepadamu buatlah itu". Para pelayan dituntut untuk menaati perintah Yesus. Perintah itu harus ditaati dan dilaksanakan. Artinya, taat melakukan firman Tuhan. Hanya dengan taat melakukan firman Tuhan akan mendatangkan dan menghasilkan anggur baru yang menyegarkan. Masalah mereka terselesaikan dan kebahagiaan menjadi bagian keluarga mereka. Alkitab tidak memberitahukan kepada kita apakah semua air itu berubah menjadi anggur. Namun, yang jelas dan pasti ialah ketika air dicedok, maka air itu berubah menjadi anggur. Inilah pelayanan Tuhan Yesus Kristus dalam penggembalaan yang setia dan selalu tanggap akan keadaan umat-Nya yang membutuhkan pertolongan-Nya.

3. Keluarga yang menolak pelaksanaan adat yang menyimpang dari prinsip Alkitab - Yohanes 2:6-7.

Tips keluarga bahagia ketiga adalah keluarga yang menolak pelaksanaan adat yang menyimpang dari prinsip Alkitab atau firman Tuhan. Kalau kita menyaksikan pesta nikah berbagai suku bangsa di Indonesia dengan adatnya yang hebat, sudah seharusnya pernikahan suku di Indonesialah yang paling berbahagia di dunia ini. Adat lama tidak mungkin menghasilkan anggur yang baru. Maka harus terjadi restorasi. Pernikahan harus diangun dalam kasih, kejujuran dan kemurnian. Bukan dalam kemunafikan dan kebohongan. Adat lama itu penuh kebohongan dan kemunafikan karena itu harus disingkirkan, dibuang dan dimatikan. Hanya itu jalannya untuk menghasilkan anggur baru dalam keluarga.

Supaya terjadi anggur baru yang terus berkesinambungan dalam rumah tangga atau keluarga kita, maka kita harus melakukan tiga hal di atas. Kita harus mengerjakannya dengan baik, benar dan konsisten untuk mencapai keluarga bahagia. Itulah tips keluarga bahagia. 

Post a Comment for "TIPS KELUARGAKU BAHAGIA"