Translate

HIDUP DALAM KETENANGAN

Mazmur 62:6-7; 1 Petrus 4:7b. Semua orang di bawah kolong langit ini menginginkan hidup dalam ketenangan. Setiap suku, kaum, bangsa dan bahasa menghendaki agar hidup yang dijalani ialah hidup dalam ketenangan. Laki-laki, perempuan, tua, muda, besar, kecil tanpa kecuali semua punya hasrat yang sama yaitu hidup dalam ketenangan. Faktanya hidup tenang itu seakan sangat jauh. 

Karena di mana-mana ada peperangan. Di mana-mana ada bencana alam. Di mana-mana ada kerusuhan. Di mana-mana ada terorisme. Di mana-mana ada pembunuhan. Di mana-mana ada perampokan. Semua situasi itu menyebabkan banyak orang kehilangan rasa tenang dalam hidupnya. 

Sebagai umat yang telah ditebus oleh Yesus di atas kayu salib, tidak membebaskan kita dari semua situasi dan kondisi seperti yang dipaparkan di atas. Kita juga ada dalam keadaan yang sukar, sehingga rasa tenang tidak dapat kita miliki. 

Pertanyaan adalah: "Bagaimana supaya kita bisa hidup dalam ketenangan?" Berikut beberapa cara yang bisa membuat hidup kita tenang. 
1. Memahami bahwa TUHAN sumber ketenangan hidup kita - Mazmur 62:6-7. 
Mengapa dikatakan demikian? Karena: pertama, ada harapan yang tidak mengecewakan pada TUHAN, Allah kita; kedua, ada perlindungan yang sempurna pada TUHAN, Allah kita; ketiga, ada keselamatan yang pasti pada TUHAN, Allah kita. 

2. Kembangkan penguasaan diri yang sehat - 1 Petrus 4:7a. 
Bagaimana cara mengembangkan penguasaan diri yang sehat? pertama, membiasakan diri untuk berpikir positif - Filipi 4:8; kedua, membiasakan diri untuk hidup ramah, penuh kasih mesra dan saling mengampuni - Efesus 4:31-32; ketiga, membiasakan diri untuk cepat mendengar dan lambat memberi respon - Yakobus 1:19-21; 3:9-10. 

3. Jadikan doa sebagai saluran mendapatkan ketenangan hidup - 1 Petrus 4:7b. Mengapa doa sebagai saluran mendapatkan ketenangan hidup? Karena: pertama, melalui doa kita punya akses langsung ke hati TUHAN, Allah kita - Ibrani 4:14-16; kedua, melalui doa kita mengungkapkan seluruh isi hati kita kepada TUHAN, Allah kita; ketiga, melalui doa TUHAN, Allah kita menjawab pergumulan kita. Hidup dalam ketenangan bisa kita peroleh bila: pertama, memahami bahwa TUHAN sumber ketenangan hidup kita; kedua, kembangkan penguasaan diri yang sehat; ketiga, jadikan doa sebagai saluran untuk mendapatkan ketenangan hidup.

Post a Comment for "HIDUP DALAM KETENANGAN"