Translate

PENGHALANG IMAN

"Tetapi ada sesuatu yang menghalangi mata mereka, sehingga mereka tidak dapat mengenal Dia" - Lukas 24:16. Dari konteks firman Allah ini kita mengetahui bahwa peristiwa kematian dan kebangkitan Yesus dari antara orang mati merupakan berita yang menggemparkan penduduk Yerusalem.

Tidak terkecuali para murid Yesus yang masih diliputi oleh ketakutan dan juga menyaksikan semua peristiwa kesengsaraan Yesus. Dialog antara dua orang murid Yesus dalam perjalanan ke Emaus memperlihatkan kepada kita bagaimana suasana yang sebenarnya yang terjadi di Yerusalem.

Dua murid yang sedang dalam perjalanan ke Emaus menjadikan peristiwa kebangkitan Yesus sebagai bahan dialog dan diskusi mereka berdua. Pada saat itulah Yesus tiba-tiba mendatangi mereka dan berjalan bersama mereka serta menanyakan apa yang sedang mereka perbincangkan.

Namun, yang menarik ialah walau Yesus ada di depan mata mereka, berbicara langsung dengan mereka, tetapi mereka tidak mengenal Yesus. Menurut catatan Lukas, diinformasikan kepada kita bahwa ada yang menghalangi mata iman mereka, sehingga menyebabkan mata jasmani mereka tidak dapat mengenal Yesus.

Pertanyaan penting ialah: "Apa yang menghalangi mata iman mereka, sehingga mereka tidak dapat mengenal Yesus?

1. Karena yang terjadi tidak seperti yang diharapkan.
"Padahal kami dahulu mengharapkan, bahwa Dialah yang datang untuk membebaskan bangsa Israel. Tetapi sementara itu telah lewat tiga hari, sejak semuanya itu terjadi" - Lukas 24:21.

Kita melihat bahwa dua orang murid ini punya harapan yang kuat kepada Yesus untuk menjadi PEMIMPIN dan PEMBEBAS mereka dari perbudakan bangsa Romawi. Mereka tidak mengenal Yesus karena dihalangi oleh sebuah paradigma yang salah tentang Yesus dan karya-Nya. Mereka mengharapkan Yesus sebagai PEMIMPIN dan PEMBEBAS mereka secara politik. Namun, bukan itu yang terjadi, justru Yesus mati di kayu salib, sehingga membuyarkan harapan mereka.

Kita juga acap kali seperti para murid. Iman kita terhambat dan kita tidak bisa melihat dan mengalami kuasa Allah dalam hidup kita, karena sering kita terjebak pada kenyataan yang terjadi tidak seperti yang diharapkan. Iman kita menjadi lemah. Iman kita menjadi buta, sehingga Yesus yang ada bersama kita pun tidak dapat kita lihat.

2. Karena tidak mengenal Yesus seperti yang dikatakan dalam Alkitab.
"Kata-Nya kepada mereka: "Apakah itu?" Jawab mereka: "Apa yang terjadi dengan Yesus orang Nazaret. Dia adalah seorang nabi, yang berkuasa dalam pekerjaan dan perkataan di hadapan Allah dan di depan seluruh bangsa kami. Lalu Ia berkata kepada mereka: "Hai kamu orang bodoh, betapa lambannya hatimu, sehingga kamu tidak percaya segala sesuatu, yang telah dikatakan para nabi! Bukankah Mesias harus menderita semuanya itu untuk masuk ke dalam kemuliaan-Nya?" Lalu Ia menjelaskan kepada mereka apa yang tertulis tentang Dia dalam seluruh Kitab Suci, mulai dari kitab-kitab Musa dan segala kitab nabi-nabi" - Lukas 24:19, 25-27.

3. Karena kebodohan dan kelambanan serta ketidakpercayaan kepada nubuatan para nabi yang ada dalam Alkitab.
"Lalu Ia berkata kepada mereka: "Hai kamu orang bodoh, betapa lambannya hatimu, sehingga kamu tidak percaya segala sesuatu, yang telah dikatakan para nabi!" - Lukas 24:25.


Post a Comment for "PENGHALANG IMAN"